Kab.Bengkayang
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Pulau Lemukutan Bengkayang

Pulau Lemukutan Bengkayang


Pulau Lemukutan menjadi salah satu tempat wisata terindah di Kalimantan Barat. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Kalimantan. 

Pulau ini terletak tidak kauh dari kota Singkawang yakni sekitar 1-2 jam jarak yang harus ditempuh melalui perahu motor air yang biasa disebut perahu klotok.

Untuk menuju pulau tersebut, kita hanya dapat menggunakan kendaraan air yang biasanya tersedia di daerah Teluk suak, sekitar 115 Km dari Kota Pontianak, atau 32 Km dari Kota Singkawang. 


Angkutan penumpang tersebut yang hanya tersedia sekitar pukul 9.00 sampai dengan 10.00 WIB. Lama perjalanan dari teluk suak ke pulau lemukutan sekitar kurang lebih 1 jam. 

Sepanjang perjalanan sebelum sampai di pulau lemukutan, kita terlebih dahulu melewati gugusan pulau-pulau lain yang pemandangan bawah lautnya tidak kalah indah. Air yang jernih, menyebabkan dasar laut dengan tumbuhan karang berwarna-warni

Nama Pulau Lemukutan, di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, sudah tidak asing sebagai wilayah tujuan wisata. Bukan hanya pesona alam, hikayat kehidupan yang membungkus pulau tersebut merupakan daya tarik yang patut ditelusuri.

Bengkayang memiliki 12 gugus pulau kecil, namun hanya lima pulau saja yang berpenghuni. Lima pulau tersebut sejatinya direkomendasikan oleh Pemda Kabupaten Bengkayang sebagai tujuan wisata yaitu Lemukutan, Randayan, Kabung, Penata Besar, dan Penata Kecil. Rata-rata, pulau tersebut memiliki pantai yang biru dan terumbu karang yang indah.

Sesampai di Pulau Lemukutan, kapal kelotok biasanya merapat di beberapa dermaga milik warga, selain di dermaga resmi. Namun tak bisa sembarangan merapat. Lantaran terdapat terumbu karang yang dilindungi.

Pulau lemukutan terkenal dengan wisata baharinya. Pemandangan bawah laut yang indah membuat tempat ini menjadi sasaran para snorkeling. Adapun biota bawah laut di antaranya bulu babi, berbagai jenis terumbu karang, teripang, ikan nemo, dan berbagai jenis ikan lainnya. 

Selain itu juga ada jenis kerang kima yang sedang di kembangkan di sana. Dengan kondisi air laut yang jernih dan bersih serta terumbu karang yang indah, membuat pulau ini disebut sebagai surganya snorkeling.

Di Lemukutan ada dua spot wisata handal, Pantai Teluk Melanau dan Pantai Teluk Cina, dengan pesona bawah laut yang menakjubkan. Pastikan waktu kunjungan tidak di musim angin barat, September hingga Desember. 

Gelombang yang tinggi serta cuaca tidak menentu akan menggagalkan kegiatan diving maupun snorkeling yang telah direncanakan.

Spot Bungaron merupakan salah satu titik di Pulau Lemukutan yang konon katanya memiliki pemandangan bawah laut paling epik. Di spot ini wisatawan dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk menyapa secara langsung kekayaan alam Kalimantan Barat. 

Deretan terumbu karang dan ratusan ikannemo berwarna-warni siap memanjakan mata. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater, karena akan ada banyak spot yang harus diabadikan keindahannya.

Tak hanya bisa dinikmati dengan snorkeling, Pulau Lemukutan juga bisa dinikmati dengan cara bermain kano. Selain bisa untuk melathi kemampuan fisik, bermain kano di Lemukutan juga bisa menyegarkan mata. 

Sambil mengayuh dayung sesekali wisatawan bisa berhenti untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.
SHARE

About Wonderful Bengkayang

Recommended