Kab.Bengkayang
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Air terjun Riam Merasap Bengkayang

Air terjun Riam Merasap Bengkayang


Air terjun Riam Merasap adalah objek wisata alam berupa air terjun yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesiatepatnya di Desa Sahan, Kecamatan Seluas,Kabupaten Bengkayang.

Jarak dari kota Pontianak menuju air terjun ini sekitar 300 km dan dalam waktu sekitar kurang lebih 8 jam. '

Sedangkan jarak tempuh dari kecamatan Sajingang Besar, Sambasadalah sekitar 15 kilometer, dari pusat kota Bengkayang sekitar 62 km, dari sebelah timur kota Singkawang sekitar 130 km


Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, menjatuhkan air deras dari atasnya dalam jumlah yang sangat besar, beribu-ribu kubik jumlahnya.

Aliran air yang tanpa henti dan tanpa putus ini menciptakan bunyi yang merdu ditelinga. Sementara itu, percikan-percikan air yang melayang-layang diudara sebelum jatuh, berwarna putih laksana kabut.


Air Terjun Riam Merasap memiliki ketinggian mencapai lebih dari 20 meter dan lebar sekitar 8meter. Berdasarkan sejarahnya, konon penamaan Riam Merasap diambil dari aliran yang jatuh dari air terjun ini memiliki aliran air yang deras. 

Bahkan alirannya sampai menimbulkan kabut asap yang dingin dari jatuhnya percikan air. Saking tinggi dan lebarnya air terjun ini, masyarakat setempat menyebutnya sebagai miniatur dari Air terjun Niagara yang berada di negara adidaya Amerika Serikat.

Air terjun Riam Merasap juga dijadikan sebagai salah satu sumber listrik yang dibangun oleh PLTA. Uniknya lagi, di tempat ini juga dijadikan salah satu lokasi ibadah bagi umat katolik. Sebab lokasinya yang berada tepat diatas Gua Maria. 

Lokasi Air Terjun Merasap berada pada kawasan yang asri , yakni terletak ditengah-tengah hutan tropis Kalimantan. Tak heran jika pemandangan yang disajikan masih begitu natural dan begitu terjaga kondisinya

Dinamakan Riam Merasap karena air terjun ini mempunyai aliran air yang deras dan dari aliran air tersebut menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh sehingga masyarakat sekitar menamainya air terjun Riam Mer
SHARE

About Wonderful Bengkayang

Recommended