Kab.Bengkayang
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Air Terjun Riam Merasap Bengkayang

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang


Riam Berawan, terletak di Desa Sahan, tepatnya di dusun Melayang, Kec Seluas, Kab Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Riam Barawan bisa dijangkau dari Kota Bengkayang dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan tropis Kalimantan yang masih hijau kurang lebih selama 30 menit.

Akses menuju air terjun riam berawan jika di hitung dari pusat kota menuju dusun Melayang kurang lebih sekitar 76 km memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

                                       

Untuk biaya parkir biasanya warga memberikan tarif sebesar Rp.5000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) sedangkan untuk masuk ke lokasi air terjun tidak dikenakan tarif alias gratis.

Air Terjun Riam Merasap, Kabupaten Bengkayang menawarkan satu pesona air terjun tertinggi dengan nama yang tak kalah unik.

Keindahan alam air terjun riam berawan, mengunjungi Air terjun yang menjulang tinggi hingga 75 meter ini.Sungguh tak heran masih sedikit orang yang pernah mengunjungi Riam Berawan, khususnya warga Kalimantan barat.

Bernama Air Terjun Berawan, dalam bahasa Dayak berarti emas. Dipercaya air terjun ini memiliki sebuah legenda pertempuran antara ular raksasa dengan panglima perang. 

Dalam pertempuran tersebut panglima yang sakti berhasil memenangkan peperangan dengan memotong tubuh ular, yak anehnya kemudian potongan ular tadi menjelma menjadi riam/air terjun yang tinggi. 

Selain itu cerita kemunculan seekor rusa yang menampakkan diri ditengah riam dan memancarkan cahaya keemasan. Dari sinilah penamaan Berawan / emas berasal.

Lokasi air terjun Riam Berawan ini terletak di daerah perbukitan yang terdapat banyak anak-anak sungai, oleh sebab itu terdapat banyak air terjun di sana. Air terjun berawan ini hanya salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan yang masih alami dan masih terjaga dan juga jauh dari keramaian kota. 

Bagi anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan kantor dan bosan dengan suasana keramaian kota tidak ada salahnya jika sekali-sekali anda meninggalkan mereka sejenak dan hiburlah diri anda dengan menikmati keindahan alam.
SHARE

About Wonderful Bengkayang

Recommended